MERCHANDISE KAOS SABLON BAND INDIE SARANA MEMPERERAT FANSBASE

Musik dan merchandise berupa kaos sablon memiliki hubungan yang sangat erat; karena pada awalnya banyak distro yang memproduksi kaos sablon dengan mengambil design dari bandband dalam negeri bahkan luar negeri. Para fans dari bandband tersebut adalah pasar loyal yang menjadi sasaran bagi banyak pelaku distro. Begitu pula dengan Band yang berjuang pada jalur Musik indie sangat paham bahwa Fansbase adalah nyawa mereka untuk terus eksis dalam dunianya.

Seorang fans dapat dikatakan sebagai fans loyal, yang setia mengikuti perkembangan musik dari idolanya. Untuk keperluan itulah maka banyak band Indie yang melakukan banyak cara guna semakin memperat personil band dengan para fansnya. Selain sering hadir pada sebuah gigs; memproduksi merchandise juga merupakan salah satu caranya. Kaos sablon adalah salah satu produk merchandise yang paling banyak dicari oleh para fans. Tingginya tingkat penjualan kaos sablon dapat juga dipergunakan oleh manajemen sebuah band indie sebagai sumber pembiayaan proyek idealisme bermusik mereka. Dengan menggunakan jalur distro dan clothing, ideide idealisme mereka turut serta diproduksi dan didistribusikan kepada para fans. Korelasi yang sangat erat inilah maka sebuah band indie hampir tidak dapat dipisahkan dengan produk merchandise mereka. Hampir semua band pasti merilis merchandise sebagai salah satu alternatif pemasukan manajemen untuk menghidup band nya sendiri, sebagai bentuk propaganda dan eksistensi

Dukungan para fans melalui pembelian merchandise original dari band indie idola mereka adalah dukungan yang nyata bagi musisi idola mereka tersebut. Para fans band indie sangat sadar bahwa idola mereka berjuang dengan aliran musik yang mengikuti idealisme sehingga sangat alergi dengan pasar dalam industri musik yang selera bermusiknya ditentukan oleh para raksasa industri musik.  Faktor idealisme bermusik inilah yang menyebabkan banyak band indie memiliki fans yang loyal dengan karya musik bermereka. Dan karena idealisme inilah pula yang membuat kesadaran para musisi indie dan fansnya harus terjalin sinergi mutualisme yang baik khususnya untuk membuat jalur bisnis yang mampu mensupport mereka untuk terus dapat berkarya. Maka bisnis merchandise adalah jalur yang sangat tepat guna keberlangsungan karir bermusik mereka.

Pembelian merchandise berupa kaos sablon juga sebagai sebuah penegas identitas para fans tersebut. Dengan menggunakan kaos sablon band idola, para fans ini merasa sudah mendeklarasikan identitas mereka. Menjadi generasi yang bukan kebanyakan, generasi melawan arus yang tidak mau didikte selera musiknya oleh pasar. Dan dengan bangga mereka akan memakai kaos idola mereka.

Para musisi band indie sangat yakin bahwa “pasar dapat diciptakan”; seperti yang sering dikatakan oleh band indie Efek Rumah Kaca. Ya konsep idealisme inilah yang memungkinkan makin banyak menjamurnya bandband indie lokal Indonesia. Support Our Local Hero! (P. S.)