We Dream – We Think – We Live With IDEAS

Semangat Do It Yourself ini tidak hanya berhenti pada jalur produksi dan distrubusi saja, idealisme kemandirian ini juga terwujud pada model produk yang mereka jual. Pada mulanya Distro hanya menjual produk kaos dengan design yang sesuai dengan idealisme pelakunya. Kenapa kaos yang menjadi pilihan produk mereka? Penulis mencurigai bahwa kaos juga mereka pilih sebagai sebuah icon perlawanan dari formalisme atau kekakuan yang menjadi icon dari kemeja yang berdasi. Kaos memang mencerminkan sebuah suasana tidakakuan pemakainya. Para penyuka kaos cenderung memiliki jiwa bebas dan tidak suka kepada sebuah suasana formal. Kaos merupakan icon dari jiwa muda yang terus memberontak. Anak muda dan aktivitasnya menjadi semangat dari bisnis distro ini.

Bandung pada tahun 1990an merupakan kota yang menjadi pionir pada bisnis distro ini. Kemudian bisnis ini mengalami sebuah tren yang menaik pada sekitar tahun 1996; berbagai aktivitas yang dilakukan oleh anak muda menjadi simbiosme yang turut menghidupi bisnis ini. Musik dan skateboard kala itu menjadi sebuah lifestyle dari kebanyakan anak muda Bandung. Peluang inilah kemudian yang disasar oleh para pebisnis ini. Distro sebagai sebuah pola bisnis sangat mengikat para konsumennya, mutualisme ini bahkan tak jarang membuat sebuah komunitas sendiri yang sangat solid. Keunggulan inilah yang pada gilirannya menciptakan segmen konsumen yang loyal pada produkproduk mereka. Pasar yang mandiri ini kemudian membesar dan menciptakan peluang bagi pemain lainnya. Pada gilirannya pasar ini kemudian membentuk seperti sebuah komunitas bersama yang terus juga mendistribusi idealisme kemandirian.

Jalur distribusi yang mandiri inilah kemudian menciptakan kebebasan bagi para designer kaos untuk mencurahkan ide liar tanpa harus didikte oleh para raksasa dunia fashion. Ideide design pada kaos distro cenderung keluar dari pakem pasar, otentik dan unik. Kekuatan inilah yang menjadi ciri khas dari kaos distro, tidak pasaran.

Distro memiliki karakteristik, antara lain:

  1. Customize

Produk distro sangatlah disesuaikan dengan psikologis konsumennya. Sehingga produk distro sangatlah melekat denga identitas konsumennya.

  1. Dinamic

Tematema design kaos distro sangatlah dinamis dan keluar dari pakempakem yang mengurungnya.

  1. Limited

Produksi yang terbatas adalah salah kunci dari bisnis distro. Memang distro hanya memproduksi produkproduknya secara terbatas bukanlah massal. Maka kaos distro sangatlah personal dan tidak pasaran.

  1. Thematic

Sebuah distro biasanya mengusung sebuah tema yang menjadi identitas dari brand mereka. Maka sebuah distro biasanya akan memiliki pembeda yang signifikan dengan  distrodistro lainnya.

 

 

 

Perkembangan bisnis kaos distro yang menjamur hingga saat ini masih menjadi bisnis ini sebagi peluang bisnis yang menjanjikan. Tertarik untuk ikut meramaikan bisnis distro di Indonesia? Mulailah berpikir kreatif dan buatlah rancangan bisnis untuk memulai bisnis distro ini.

Untuk Info produksi kaos distro:

Republik Sablon

klik 0898 666 1400

republiksablon@gmail.com

www.republiksablon.com