Manajemen Wirausaha Jasa Sablon Kaos


Dunia wirausaha di Indonesia sedang mengalami masa keemasannya, dimana sekarang ini banyak sekali pelaku wirausaha yang didominasi oleh anak muda. Mungkin hal ini salah satunya di akibatkan oleh dampak dari tingkat angkatan kerja yang tidak banyak terserap dalam dunia kerja. Anak anak muda yang masih punya semangat dan kemauan untuk majulah yang mampu serta siap bersaing dengan kawan kawannya yang beruntung masuk dalam dunia kerja (red:perusahaan).

Hal inilah yang menjadikan banyak anak anak muda berkreasi dan berinovasi bagaimana menciptakan dunia lapangan kerjanya sendiri. Dan tentunya penulis yakin jika prinsip yang ditanamkan dalam diri pemuda seperti ini adalah “setinggi apapun jabatan kita disuatu perusahaaan, tetaplah kita menjadi seorang pegawai, namun sekecil apapun bidang usaha yang kita ciptakan sendiri, tetaplah kita adalah bos nya”. Di Indonesia banyak sekali kreatifitas dan inovasi yang dihasilkan oleh anak anak muda, dan tak jarang jerih payah mereka ini banyak di apresiasi oleh masyarakat, dan selain itu tentunya menjadi inspirasi bagi anak anak muda lainnya.

Namun, dibalik kesuksesan para pelaku wirausaha ini, tentunya ada sejuta pengorbanan dan strategi yang mereka lakukan. Salah satunya dalam bidang manajemen. Manajemen atau biasa kita sebut tata kelola dari suatu kegiatan usaha menjadi sangat penting erat kaitannya dalam dunia kerja terutama wirausaha. Bagaimana manajemen mampu mengakomodir pergerakan dari proses kemajuan dalam suatu usaha. Seperti yang dilakukan oleh kawan kawan Republik Sablon.pada awal pergerakan usaha jasa sablon kaos untuk kaos seragam dan promosi ini, pastinya mengalami pasang surut dalam usahanya. Entah itu pergantian pegawai, pengelolaan pendapatan, dan media promosi. Namun seiring berjalannya waktu usaha jasa sablon ini, mulai berkembang dan berkonsisten terhadap pergerakannya. Hal ini tidak lepas dari manajemen yang terus berproses.

Manajemen yang dimaksud tidak hanya sebatas dalam hal pengelolaan pendapatan saja, namun, manajemen yang baik sangat menguntungkan dan berperan dalam manajemen sumber daya manusia, manajemen waktu, dan manajemen media promosi sebagai salah satu bentuk strategi yang dilakukan demi perkembangan usahanya.

Salah satu cara/strategi yang dilakukan republik sablon untuk membantu proses pengembangan usahanya yakni dalam manajemen media promosi. Mereka melakukan perekrutan penulis lepas untuk mengisi media promo di website resminya. Dan salah satu sebab akibatnya ini karena jalinan pertemanan. Bagaimana pertemanan dapat menjadi media kerjasama yang sangat efektif membantu pergerakan dalam berwirausaha. Dan tentunya ini karena prinsip dasar yang ditanamkan adalah “bersama saling membesarkan” karena tidak ada yang merasa dirugikan namun banyak merasakan keuntungan. Dan karena  prinsip itulah  mereka percaya bahwa, “semakin pucuk diatas, maka semakin kencang terpaan angin yang didapat.  Dan semakin kita bersinergi, maka semakin kuat dan kokohlah kita.” (SR)



Komentar




LIST KOMENTAR


ADD ADVERTISING HERE